Kami informasikan bahwa seluruh proses administrasi kepegawaian (termasuk penerimaan cpns) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan tidak di pungut biaya dalam bentuk apapun, kami tidak bertanggung jawab bila ada pihak-pihak yang memungut biaya dengan atas mengatasnamakan Badan Kepegawaian Daerah Kota Balikpapan.
Home Kepegawaian Informasi Hak dan Kewajiban
Hak dan Kewajiban PNS PDF Cetak E-mail
Hak PNS : 

  1. Setiap Pegawai Negeri Sipil berhak memperoleh gaji yang layak sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya. Pada dasarnya setiap Pegawai Negeri Sipil beserta keluarganya harus dapat hidup layak dari gajinya, sehingga dengan demikian ia adapat memusatkan perhatian dan kegiatannya untuk melaksanakan tugas yang dipercayakan kepadanya.

  2. Setiap Pegawai Negeri Sipil berhak atas cuti. Yang dimaksud dengan cuti adalah tidak masuk kerja yang diizinkan dalam jangka waktu tertentu

  3. Setiap Pegawai Negeri Sipil yang ditimpa oleh sesuatu kecelakaan dalam dan karena menjalankan tugas kewajibannya, berhak memperoleh perawatan.

  4. Setiap Pegawai Negeri Sipil yang tewas, keluarganya berhak memperoleh uang duka dan yang dimaksud dengan tewas adalah :

    • Meninggal dunia dalam dan karena menjalankan tugas dan kewajibannya.
    • Meninggal dunia dalam keadaan lain ada hubungannya dengan dinasnya, sehingga kematian itu disamakan dengan meninggal dunia dalam dan karena menjalankan tugas dan kewajibannya.
    • Meninggal dunia yang langsung diakibatkan oleh luka atau cacat jasmani atau rohani yang didapat dan karena menjalankan tugas kewajibannya
    • Meninggal dunia karena perbuatan anasir yang tidak bertanggung jawab ataupun sebagai akibat tindakan anasir itu. Kepada istri/suami dan atau anak Pegawai Negeri Sipil yang tewas akan diberikan uang duka.
    • Setiap Pegawai Negeri Sipil yang telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan, berhak atas pensiun. Pensiun adalah jaminan hari tua dan sebagai balas jasa terhadap setiap Pegawai Negeri Sipil yang bertahun tahun mengabdikan dirinya kepada Negara.
Kewajiban PNS :

  1. Setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah.
  2. Mengutamakan kepentingan Negara diatas kepentingan golongan atau diri sendiri serta menghindarkan segala sesuatu yang dapat mendesak kepentingan Negara oleh kepentingan golongan, diri sendiri, atau pihak lain.
  3. Menjunjung tinggi kehormatan dan martabat Negara, Pemerintah dan Pegawai Negeri Sipil.
  4. Mengangkat dan mentaati Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil dan Sumpah/Janji jabatan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku
  5. Menyimpan rahasia Negara atau rahasia Jabatan dengan sebaik-baiknya.
  6. Memperhatikan dan melaksanakan segala ketentuan Pemerintah baik langsung menyangkut tugas kedinasannya maupun yang berlaku secara umum.
  7. Melaksanakan tugas kedinasan dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab.
  8. Bekerja dengan jujur, tertib, cermat dan bersemangat untuk kepentingan Negara.
  9. Memelihara dan meningkatkan keutuhan, kehormatan dan kesatuan Korps Pegawai Negeri Sipil.
  10. Segera melaporkan kepada atasannya apabila mengetahui ada hal-hal yang akan membahayakan tau merugikan Negara/Pemerintah, terutama dibidang keamanan, keuangan dan material.
  11. Menciptakan dan memelihara suasana kerja yang baik.
  12. Memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat
  13. Bersikap dan bertindak tegas, tetapi adil dan bijaksana terhadap bawahannya.
  14. Membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya
  15. Menjadi dan memberikan contoh serta teladan yang baik terhadap bawahannya
  16. Mendorong bawahanya untuk meningkatkan prestasi kerjanya
  17. Memberikan kesempatan kepada bawahannya untuk mengembangkan karirnya
  18. Mentaati ketentuan Peraturan Perundang-undangan tentang Perpajakan
  19. Berpakaian rapi dan sopan serta bersikap dan bertingkah laku sopan santun terhadap masyarakat, sesama Pegawai Negeri Sipil dan terhadap atasan.
  20. Hormat Menghormati antara sesama warga Negara yang memeluk agama / kepercayaan terhadap tuhan Yang Maha Esa, ataupun yang berlainan.
  21. Menjadi teladan sebagai warga negara yang baik dalam masyrakat
  22. Mentaati segala peraturan Perundang-undangan dan peraturan Kedinasan yang berlaku
  23. Mentaati perintah kedinasan dari atasan yang berwenang
  24. Memperhatikan dan menyelesaikan dengan sebaik-baiknya setiap laporan yang diterima mengenai pelanggaran disiplin.
 

Copyright @2011 BKD Kota Balikpapan